Cara Mematikan Laptop yang Ngehang, Udah Tahu Belum?

Cara Mematikan Laptop yang Ngehang, Udah Tahu Belum?

Terkadang, saat menggunakan laptop, Anda mungkin menghadapi masalah di mana perangkat mengalami kegagalan sistem dan ngehang. Tentu saja Anda mungkin merasa terganggu dan frustasi akibat laptop ngehang.Terlebih ini bisa menjadi sangat menjengkelkan jika Anda kehilangan pekerjaan atau data yang belum disimpan.

Oleh karena itu, cara cepat untuk mengatasi masalah laptop yang ngehang ini bisa dilakukan dengan mematikan perangkat agar kembali dimulai ulang. Jika Anda mengalami masalah seperti ini, jangan khawatir, ada beberapa cara mematikan laptop yang ngehang. Berikut adalah beberapa opsi yang bisa dicoba:

  1. Mematikan Laptop dengan Tekan CTRL + ALT + DEL

Saat perangkat Anda bermasalah, pikiran pertama yang terlintas adalah ‘laptop hang pencet apa?’ Sejatinya, ada beberapa opsi shortcut untuk mematikan laptop dengan menggunakan keyboard.

Cara mematikan laptop hang dengan keyboard yang pertama adalah menekan tombol CTRL + ALT + DEL. Dengan menggunakan kombinasi tombol ini Anda bisa mematikan laptop dengan mudah. Untuk mematikan laptop dengan cara ini, Anda hanya perlu menekan tombol CTRL + ALT + DEL secara bersamaan. Setelah menekan tombol tersebut opsi shutdown akan muncul.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah pilih opsi tersebut dan menekan tombol enter. Setelah Anda melakukan ini, perangkat akan menjadi nonaktif secara otomatis.

  1. Mematikan Laptop dengan Tekan Windows + U

Cara mematikan laptop yang ngehang selanjutnya juga bisa dilakukan dengan menggunakan keyboard. Tombol lain yang bisa Anda gunakan untuk mematikan laptop ngehang dengan keyboard adalah Windows + U.

Dengan menerapkan cara ini, Anda hanya perlu menekan Windows + U sebanyak dua kali dan laptop akan mati secara otomatis.

  1. Mematikan Laptop dengan Tekan ALT + F4

Berikutnya, cara mematikan laptop yang ngehang juga bisa dilakukan dengan menekan tombol keyboard selain opsi sebelumnya. Tombol keyboard yang bisa Anda gunakan adalah ALT + F4. Hal pertama yang harus dilakukan jika memilih cara ini adalah menekan kombinasi tombol ALT+ F4 secara bersamaan. Setelah menekan tombol berikut, satu aplikasi yang sedang berjalan akan tertutup secara otomatis.

Nah, sebelum mematikan laptop Anda, tombol  ALT + F4 harus ditekan berulang ulang sampai semua aplikasi tertutup. Ketika semua aplikasi telah tertutup, Anda akan melihat opsi shutdown. Lalu, langkah yang perlu Anda lakukan adalah memilih opsi tersebut dan menekan tombol enter. Setelah itu, laptop akan secara otomatis menjadi nonaktif.

  1. Mematikan Laptop dengan Tombol Power

Selain menggunakan tombol keyboard, Anda juga dapat mematikan laptop yang mengalami hang dengan menggunakan tombol power. Cara mematikan laptop yang ngehang ini tergolong mudah dan simpel karena Anda cukup menekan tombol power dalam waktu beberapa detik. Dengan melakukan hal tersebut, laptop secara otomatis akan dimatikan dan perangkat yang terganggu akan berhenti.

Teknik ini biasa disebut sebagai hard shutdown, dan umumnya disediakan sebagai fungsi emergency oleh produsen laptop. Namun, langkah hard shutdown ini tidak disarankan untuk dilakukan dalam frekuensi sering. Sebab, hard shutdown, atau mematikan laptop secara paksa dengan menekan tombol power, dapat menyebabkan beberapa akibat yang tidak diinginkan pada laptop Anda.

Pertama, hard shutdown dapat menyebabkan kerusakan pada sistem operasi dan data yang disimpan pada laptop.

Hal ini disebabkan kegagalan sistem operasi dalam melakukan proses penutupan dengan benar, sehingga file dan data yang sedang digunakan bisa rusak atau hilang.

Kedua, hard shutdown juga dapat merusak komponen hardware pada laptop seperti hard drive dan motherboard.

Sebab, jika sistem operasi dan aplikasi tidak dapat ditutup dengan benar, ini dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat keras karena penggunaan yang berlebihan atau kekurangan daya.

Terakhir, hard shutdown secara sering juga dapat memperpendek umur laptop karena menimbulkan tekanan yang berlebihan pada baterai.

Hal ini terjadi karena baterai tetap dalam kondisi menyala meskipun laptop telah dimatikan secara paksa. Maka dari itu, cara ini sebaiknya digunakan dalam kondisi darurat saja.

  1. Mematikan Laptop dengan Menutup Layar

Selanjutnya, cara mematikan laptop yang ngehang dapat dilakukan dengan menutup layar perangkat. Cara ini bisa dikategorikan sebagai langkah yang cepat untuk menonaktifkan perangkat Anda. Saat layar ditutup, laptop akan masuk ke mode sleep atau stand by. Hal ini ditandai dengan lampu kecil di laptop yang masih menyala.

Nah, dalam situasi ini, hal yang perlu Anda lakukan adalah menutup layar untuk beberapa saat hingga layar benar benar mati. Setelah itu, Anda dapat membuka kembali layar dan menekan tombol power untuk menyalakan kembali laptop.

  1. Mematikan Laptop dengan Mencabut Baterai

Terakhir, cara mematikan laptop yang ngehang bisa juga dilakukan secara paksa ketika keadaan benar-benar darurat. Hampir sama seperti mematikan laptop secara paksa dengan memencet tombol power, hal lain yang bisa dilakukan adalah mencabut baterai.

Hal ini bisa dilakukan dengan mencabut baterai yang ada di belakang perangkat Anda. Lalu, Anda hanya perlu mencabutnya dalam beberapa detik dan nantinya laptop akan mati secara otomatis. Namun, karena cara ini dilakukan secara paksa, mematikan laptop dengan mencabut baterai sangat tidak dianjurkan.

Sebab, apabila dilakukan terlalu sering, mencabut baterai untuk mematikan laptop akan menyebabkan berbagai kerusakan pada perangkat. Kerusakan perangkat yang dapat terjadi di antaranya adalah hilangnya data, rapuhnya komponen hardware baik motherboard ataupun hard drive, serta pendeknya umur baterai. Oleh karena itu, cara ini sebaiknya dilakukan ketika Anda telah mencoba cara lainnya namun belum berhasil.

Itulah beberapa cara mematikan laptop yang ngehang dengan mudah. Dengan menerapkan cara-cara di atas, laptop yang ngehang bisa dimatikan dengan mudah dan aktivitas pada perangkat Anda bisa dilanjutkan. Selain itu, jangan lupa untuk selalu membackup data penting pada laptop secara berkala agar terhindar dari kehilangan data yang tidak diinginkan.

(source: asani.co.id)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


WhatsApp chat